ALGO 1



Materi Perkuliahan
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
PENDAHULUAN
Definisi Algoritma
A computable set of steps to achieve a desired result.
Serangkaian langkah yang dapat dihitung
untuk mencapai hasil yang diinginkan
Paul E. Black, ed.,
U.S. National Institute of Standards and Technology.
http://www.itl.nist.gov/div897/sqg/dads/HTML/algorithm.html
Achieve :
mencapai, sampai, meraih, memperoleh, menggapai,mencatat,
memprestasikan,menyelesaikan dengan baik, melaksanakan
Definisi Algoritma
A step-by-step problem-solving procedure, especially an established, recursive
computational procedure for solving a problem in a finite number of steps.
Prosedur penyelesaian masalah langkah demi langkah, terutama yang mapan –
tidak dipungkiri, prosedur komputasi rekursif untuk menyelesaikan masalah dalam
sejumlah langkah terbatas
Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE):
Dictionary.com, "algorithm," in The American Heritage® Dictionary of the English Language, Fourth Edition.
Source location: Houghton Mifflin Company, 2004. http://dictionary.reference.com/browse/algorithm.
Sejarah Algoritma
 Berasal dari risalah Abu Abdallah Muhammad ibn Musa
Al-Khwarizmi (ilmuwan persia) yang membahas tentang
kalkulasi dengan angka hindu-arab (tahun 825 M)
 Diterjemahkan kedalam bahasa latin menjadi Algoritmi
de numero Indorum
 Algoritmi = Al-Khwarizmi
Permasalahan Penyelesaian
Hasil yang
diinginkan
LOGIS
Ciri-Ciri Algoritma
1. Memiliki Input
2. Memiliki Proses
3. Menghasilkan Output
4. Menggunakan instruksi yang tidak ambigu
5. Harus memiliki stopping rule
Sifat Algoritma
1. Tidak menggunakan simbol ataupun sintaks dari
bahasa pemrograman
2. Penulisannya tidak tergantung dengan bahasa
pemrograman
3. Notasinya dapat dipergunakan untuk semua
bahasa pemrograman
Penulisan Algoritma
1. Bahasa Natural
 Bahasa formal yang dipergunakan oleh manusia
 Bersifat terstruktur
 SE: Structured English
 BIT: Bahasa Indonesia Terstruktur
2. Psuedocode
 Psuedo: mirip, menyerupai, seolah-olah
 Code: baris program
 Psuedocode: instruksi yang menyerupai baris program
3. Flowchart
 Suatu bentuk diagram yang memiliki aliran satu atau dua arah secara
sekuensial
Contoh:
Menghitung Luas Segitiga
Luas sebuah segitiga didapatkan dengan
mengalikan panjang alas dengan tingginya
kemudian hasilnya dibagi dengan dua
BIT - Bahasa Indonesia Terstruktur
1. Masukan nilai Alas
2. Masukan nilai Tinggi
3. Hitung dengan Luas dengan Alas kali Tinggi kemudian
dibagi 2
4. Tampilkan hasil perhitungan Luas
5. Selesai
Pseudocode
Algoritma Perhitungan Luas Segitiga
Input : Alas, Tinggi
Output : Luas Segitiga
Alas  Baca a
Tinggi  Baca t
Luas  (Alas x Tinggi) / 2
Tampilkan Luas
Mulai
Masukan A
Masukan B
L = (A * B) / 2
Cetak L
Selesai
Flowchart

Komentar

Postingan Populer